Kamtibmas

Kesiapan Menghadapi Bencana Alam, Polres Kolaka Utara Gelar Apel Aman Nusa II 2020

Tribratanews.kolut.sultra.polri.go.id – Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Polres Kolaka Utara menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2020, di lapangan Mapolres Kolaka Utara, Jumat (13/11/2020)

Dalam kegiatan apel  tersebut bertindak sebagai Indpektur Upacara (Irup)  Wakilbupati Kolaka Utara H.Abas,SE yang dihadiri oleh Kapolres Kolaka Utara AKBP I Wayan Riko Seriawan,SIK,MH, Ketua Pengadilan Negeri Lasusua  Budi Prayitno,SH,MH,Ketua Pengadilan Agama Lasusua H.Mihdar,S.Ag, MH,Kepala BPBD Kab.Kolut Hj.Syamsuriani,ST,MM,Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolut Irham, SKM,M.Kes,Kepala Dinas Sosial Kab.Kolut H.Saenal Ahmad,SE,Kepala Dinas PU, Kab.Kolut,Mukramin, SE,MM sekaligus selaku Ketua Relawan Kolutrac Kab.Kolut,Kasatpol PP Kab.Kolut Drs.Ramang,Kadis Damkar Kab.Kolut Drs.Syafaruddin,MM,Yang mewakili Kadis Perhubungan Kab.Kolut,perwakilan dari TNI,Perwakilan dari PMI Kolaka Utara.

Dalam amanatnya Wakilupati Kolaka Utara H.Abas,SE mengatakan tujuan apel untuk mengecek kesiapan personel gabungan Polri, TNI, BPBD, dan instansi terkait lainnya beserta peralatannya dinyatakan siap siaga dalam mengantisipasi bencana alam di Kabupaten Kolaka Utara.

Karena akhir-akhir ini, selain ancaman pandemi Covid-19 yang perlu diwaspadai adalah cuaca yang sangat ekstrim, seperti curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencamg yang dapat mengakibatkan bencana alam seperti tanah longsor, banjir.

“Sekarang kita berada di ujung tahun 2020 yang biasanya mengalami curah hujan yang tinggi yang sebagian Wilayah Kolaka Utara berada pada dataran tinggi,” ungkap Wakilbupati.

Selanjutnya wakilbupati H.Abas,SE mengungkapkan,  selain memiliki wilayah dataran tinggi, dan Laut Kabupaten Kolaka Utara juga memiliki banyak sungai yang berpotensi terjadinya bencana alam.

Bahkan berdasarkan catatan, kata wakilbupati H.Abas,SE, Pemkab Kolaka Utara, pada tahun 2019 terdapat empat kasus banjir dan bencana Puting beliung dan Tanah Longsor yang melanda wilayah Kolaka Utara.

“Pelibatan Polri secara aktif dalam upaya membantu penanganan bencana, melakukan pengamanan dan pengusian terhadap gangguan dari pihak pihak yang tidak bertanggungjawab,”ucap wakil Bupati H.Abas,SE

Diakhir sambutannya, Wakilbupati H.Abas,SE itu meminta agar seluruh pihak untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana di wilayah kabupaten Kolaka Utara.

Dalam kegiatan Apel Konsolidasi Operasi Aman Nusa II 2020 dalam rangka Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Kolaka Utara di ikuti oleh peserta Peleton TNI,Peleton Polres Gabungan Staf,Peleton Satpol PP,Peleton Dishub,Peleton BPBD, Peleton Damkar,Peleton Tagana,Pok Linmas Siaga,Pok HMI,Relawan  Kolutrac  bersama motor trainya,Personel dari Polri, OPD terkait bersama peralatan dan perlengkapannya.

Terbaru

To Top